Cek Tajam Penglihatan, Bisa Temukan Gejala Katarak

Cek Tajam Penglihatan, Bisa Temukan Gejala Katarak

 

 

Pemeriksaan mata merupakan hal yang penting untuk dilakukan yang dimana pemeriksaan mata ini dapat memberikan manfaat pada kondisi kesehatan mata, cek tajam penglihatan merupakan bentuk upaya kita untuk menjaga kondisi kesehatan mata. 

Dengan melakukan pemeriksaan mata secara rutin dan berkala akan membantu untuk mengetahui kondisi kesehatan mata dan juga apabila terjadi gejala – gejala penyakit atau gangguan pada mata akan dapat ditangani lebih awal sehingga dapat mencegah tingkat keparahan penyakit atau gangguan yang sedang di alami. 

Di zaman atau era saat ini pemeriksaan mata sudah didukung dengan teknologi yang dimana alat yang digunakan pun sudah cukup canggih untuk mendeteksi apabila mata kita mengalami suatu penyakit atau gangguan. Cek tajam penglihatan sendiri bisa untuk mendeteksi gejala awal terjadinya Katarak

Lalu bagaimana proses dan prosedur saat melakukan cek tajam penglihatan ? Simak penjelasan berikut ini untuk informasi lebih lengkapnya ! 

Baca juga :

Operasi Katarak Gratis 

Lasik 

Operasi Katarak

Apa Itu Tajam Penglihatan ? 

Mungkin beberapa orang belum tahu mengenai tajam penglihatan, pada kesempatan kali ini akan di bantu untuk menjelaskannya terlebih dahulu. 

Tajam penglihatan adalah kemampuan mata untuk fokus dengan jelas pada objek-objek baik yang jauh maupun dekat, serta untuk membedakan detail-detail halus pada objek-objek tersebut. 

Orang yang memiliki tajam penglihatan yang baik biasanya mampu melihat dengan jelas bahkan detail-detail kecil pada jarak tertentu tanpa merasa kabur atau buram. Ini berhubungan dengan kualitas optik mata, seperti Kornea yang jernih, lensa mata yang bisa berakomodasi dengan baik, serta kemampuan Retina untuk mengolah sinyal-sinyal cahaya dengan tepat. 

Apabila mata anda mengalami kabur atau buram saat melihat objek dari jarak jauh maupun dekat, maka secepatnya periksakan mata di klinik mata atau rumah sakit mata terdekat di tempat anda.

Penting untuk selalu cek tajam penglihatan karena bisa untuk membantu deteksi kelainan refraksi dan juga dapat membantu untuk mengetahui ukuran kacamata apabila mengalami kelainan refraksi. Pemeriksaan ini juga dapat bantu deteksi gejala Katarak lebih awal sehingga pengobatan Katarak dapat dilakukan lebih awal.

Baca juga : 

Hipermetropi (Rabun Dekat): Gejala, penyebab, hingga pengobatan

Presbyond: Pengobatan Mata Tua (Bukan Untuk Penderita Katarak)

Alat Cek Tajam Penglihatan

Di era modern saat ini tentunya hampir semua bidang telah menggunakan teknologi termasuk di bidang kesehatan mata, salah satunya dalam bentuk alat pemeriksaan mata yang digunakan sudah dapat deteksi gangguan atau penyakit pada mata secara otomatis. 

Auto Refakto Keratometer (ARK) merupakan salah satu alat yang digunakan untuk melakukan cek tajam penglihatan, fungsi dan kegunaan alat ini dokter Rina Wulandari, SpM  akan membantu untuk menjelaskannya, beliau adalah salah satu dokter spesialis mata

Apabila pasien mengalami Katarak, Auto Refakto Keratometer (ARK) akan membantu untuk mencari data terkait kelengkungan kornea yang berguna untuk menentukan kekuatan lensa tanam pada pasien saat operasi Katarak, selain untuk menentukan kekuatan lensa tanam fungsi lain dari Auto Refakto Keratometer (ARK) bisa untuk melakukan pemeriksaan refraksi subyektif.

Tujuan dari pemeriksaan refraksi subyektif adalah untuk membantu dokter mata menentukan preskripsi kacamata atau lensa kontak yang paling tepat untuk memperbaiki masalah penglihatan seseorang, seperti Miopia (rabun jauh), Hipermetropi (rabun dekat), Astigmatisme, atau Presbiopia (kesulitan melihat dekat pada usia tertentu). 

Rutin Melakukan Medical Check Up Mata 

Penting bagi setiap orang untuk menjaga tajam penglihatan karena dengan normalnya penglihatan akan membuat kita lebih produktif untuk melakukan aktivitas sehari – hari, oleh karena itu ayo kita rutin untuk melakukan medical check up mata di klinik mata terdekat di wilayah anda tinggal.

Lakukan pemeriksaan mata secara rutin minimal 6 bulan atau 1 tahun sekali, meskipun mata tidak mengalami gejala atau gangguan, hal ini bertujuan untuk memastikan kondisi mata anda benar – benar dalam kondisi yang baik dan juga sehat. Konsultasi dokter mata juga sangat penting untuk dilakukan sebelum mengambil tindakan untuk mata anda. Karena dokter mata akan membantu memberikan arahan atau juga saran saat anda akan mengambil tindakan pada mata. 

 

Comments

Popular posts from this blog

7 Panduan Pilih Cari Kontrakan Murah untuk Pasangan Muda

Ciri Keunggulan Perumahan Cluster